Daftar Gunung Tertinggi di Indonesia

Daftar Gunung Tertinggi di Indonesia – Saat ini tentunya sudah semakin banyak orang yang merasa senang dan sejuk ketika mereka melihat dan juga menikmati segala manfaat dalam melihat pegunungan yang bisa membuatnya merasa senang.

Indonesia memiliki kepulauan yang dikelilingi gunung. Banyaknya gunung-gunung tinggi di Indonesia disebabkan letak Indonesia yang dilalui dua jalur pegunungan utama dunia. Yakni Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterania.

Sirkum Pasifik melewati Pulau Maluku, Sulawesi, sampai Papua. Sedangkan, sirkum Mediterania melalui Pulau Nusa Tenggara, Jawa, sampai Sumatera.

Nah, kamu yang gemar mendaki gunung, apakah sudah tahu gunung-gunung tertinggi di Indonesia?

Daftar Gunung Tertinggi di Indonesia

1. Puncak Jaya
Puncak Jaya atau biasa dikenal Carstensz Pyramid mempunyai ketinggian 4.884 meter di atas permukaan laut (mdpl). Puncak tertinggi di Indonesia ini masuk sebagai kawasan Situs Warisan Dunia UNESCO.

Saking spesialnya Carstensz juga termasuk “Tujuh Puncak” gunung-gunung tertinggi dari tujuh benua di dunia.

2. Puncak Soekarno
Selain di Puncak Jaya, di Taman Nasional Lorentz masih terdapat tiga puncak alternatif. Kamu bisa mendaki puncak Soekarno (4862 mdpl), Cartenzs Timur (4840 mdpl), dan Soemantri (4808 mdpl).

Menelusuri Taman Nasional Lorentz, terbilang sangat susah dan mahal. Kamu harus benar-benar siap mountain tourism menghadapi tantangan luar biasa seperti hujan salju atau es.

3. Puncak Mandala
Masih di Papua, di peringkat ke lima ada puncak Mandala setinggi 4.760 mdpl. Puncak Mandala membentuk bagian Pegunungan Bintang bagian timur dan berada dekat perbatasan Papua Nugini. Suhunya yang sangat rendah membuat puncaknya selalu diselimuti salju.

4. Puncak Trikora
Puncak Trikora atau Ettiakup merupakan sebuah gunung yang terdapat di Papua Barat, Indonesia. Puncak Trikora setinggi 4.751 mdpl ini awalnya bernama Wilhelminatop pada zaman pemerintahan Belanda.

Puncak Trikora mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung.

5. Puncak Idenberg
Puncak yang memiliki ketinggian 4.673 mdpl ini tergabung dalam Pegunungan Jayawijaya. Pegunungan Jayawijaya memiliki beberapa puncak lain seperti puncak Mandala, Trikora, Yamin Carstenz.

6. Gunung Yamin
Puncak terakhir tertinggi di Papua dipegang Gunung Yamin setinggi 4.595 mdpl. Untuk mendaki Gunung Yamin diperlukan waktu kurang lebih 3 hari. Gunung ini struktur bebatuan gamping, klastik, dan karang glaciated.